Kamis, 07 Juni 2012

60 Persen Perairan Kubu Raya Potensi Perikanan


Kepala Bidang Perikanan Budi daya Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kubu Raya, Hefni Rizal mengatakan, perairan umum yang ada di Kubu Raya sekitar 60 persen merupakan potensi perikanan bagi Kalimantan Barat.
"Karena itu, potensi pengembangan budi daya perikanan dan pengelolaan laut juga dapat berkembang. Sebab, konsep pengelolaan laut mengarah kepada konsep pemberdayaan masyarakat nelayan kecil," katanya di Sungai Raya, Kamis.



Untuk itu dia mengajak nelayan kecil terus diberdayakan, mereka harus aktif membantu dan mengembangkan wilayah konservasi tangkapan menjadi besar.


"Makanya, beragam program untuk masyarakat terus disinergiskan dan dikawal," tuturnya.

Dia menjelaskan, pada tahun 2011 ini, berbagai program perikanan sudah dikawal dan cenderung berpihak kepada perikanan budi daya.

Dengan demikian, masyarakat akan lebih gampang mengembangkan usaha budi daya.

Konsepnya sederhana, namun membantu masyarakat miskin. "Seperti kita ketahui warga tidak mampu justru banyak berada di bantaran pinggiran Sungai Kapuas dan daerah pesisir. Oleh karena itu, pada tahun 2011 kita fokuskan program tersebut," kata Hefni.

Dia menambahkan bidang budi daya perikanan merupakan salah satu prosentase terbesar mengembangkan konsep dan menekan angka pengangguran juga kemiskinan di Kubu Raya.

Hefni juga mengatakan visi DPK Kubu Raya ke depannya adalah bagaimana anggaran bidang perikanan menunjang peningkatan produksi dalam skala nasional, kemudian pengurangan tingkat pengangguran mampu ditekan.


Sementara akibat lainnya adalah program ini mampu menambah pendapatan masyarakat pesisir, pembudidaya dan nelayan.

Sedangkan visi utamanya, sambungnya, bagaimana DKP merupakan sentra produksi perikanan skala nasional, sedangkan arah kebijakannya adalah berupa program tahun 2009, peningkatan produksi dan mendukung kegiatan dalam skala besar. "Ini yang tengah kita gencarkan dan kembangkan," tuturnya.

DPK Kubu Raya sendiri hingga saat ini akan fokus menjadikan Kubu Raya sebagai salah satu sentra perikanan nasional tahun 2011 mendatang.

"Tahun 2011 kita akan fokuskan dalam mengangkat dan meningkatkan produksi ikan nasional. Pasalnya dengan kapasitas produksi nasional sebesar 353 persen dari tahun 2009, kita bisa memenuhinya," katanya.

Dengan potensi perikanan Kubu Raya yang begitu besar, jelas target produksi nasional tersebut bisa dicapai.
Apalagi 70 persen wilayah kabupaten termuda di Kalbar itu merupakan perairan. "Dan kalau bicara air maka bicara potensi perikanan," katanya.